Prinsip Wabi Sabi Yang Bikin Hidup Tenang

Kalian pernah nggak ngalami sebuah fase dimana selalu ingin lebih dalam segala hal? Entah itu kebutuhan primer ataupun hanya sebatas kebutuhan tersier. Ketika pernah ngerasa begitu, mungkin kalian harus coba salah satu prinsip asal Jepang ini. Yaitu Wabi sabi.

Diambil dari kata Wabi yang berarti kesepian yang dirasakan saat tinggal di alam. Dan Sabi yang berarti sesuatu yang berkarat/bernoda karena perkembangan alami.

Jadi secara pemahaman, Wabi sabi ini berarti keindahan sebuah objek terletak dari kekurangan yang dimiliki. Atau bisa diartikan menerima kekurangan atau mensyukuri apa yang dipunya saat ini.

Secara realitas, Wabi sabi ini punya tiga realitas utama. Bahwa dalam hidup ini ada hal yang nggak dapat bertahan, nggak selesai, dan nggak ada yang sempurna. 

Gampangnya gini. Prinsip ini berfokus pada “menghargai” dan “menerima” sesuatu yang nggak sempurna. Jadi mengganggap ketidaksempurnaan itu bagian dari hidup yang nggak seharusnya disangkal.

Mungkin ini salah satu prinsip yang bisa bantu kalian ditengah tuntutan untuk menjadi sempurna. Menurut Psychology today. Wabi sabi pada akhirnya akan membuka ruang bagi rasa cinta terhadap hidup. Karena memungkinkan seseorang untuk nggak menyesali lagi kekurangan yang dirasakan.

Jauh lebih dalam lagi. Wabi sabi bisa menjadi cara baru melihat dunia dan tempat seseorang di dalamnya. Konsep ini menurutnya mampu membuat hidup berjalan lebih lambat. Wabi-sabi juga mendorong orang melepaskan penilaian negatif dan usaha tak berkesudahan demi mengajar kesempurnaan.

Contoh yang relevan saat ini adalah kaum hawa yang ingin selalu tampil cantik. Ya bisa dibilang tuntutan itu hadir saat mereka masuk kedalam lingkup sosial yang secara nggak langsung menuntutnya untuk sempurna.

Padahal tiap wanita punya kecantikan tersendiri. Bisa dari pemikiran, perkataan, atau perilaku. Nggak melulu cantik tentang fisik. Tapi kondisi yang masih belum bisa menerima keadaan menuntut mereka untuk selalu merasa kurang.

WABI SABI dalam lifestyle juga berarti menggunakan material natural dari alam yang tidak sempurna namun memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.
Konsep ini cukup populer dalam interior dan fashion style yang memberikan perasaan homey, tenang dan bersahaja.

Terinspirasi oleh WABI SABI style, Spring Summer 2022 ini Noaeveryday kembali mengeluarkan koleksi everyday wear dengan konsep minimalis, nyaman dengan bahan baku natural alami.

NOAEVERYDAY percaya bahwa pakaian yang tepat dapat mendukung kepercayaan diri sehari-hari kita.
Koleksi WABI SABI menggunakan kain natural seperti cotton / katun, serat linen dan rayon untuk tampilan nyaman, minimalis dan bersahaja.
Mulai dari dress linen TEIKO, Kemeja Rayon HIYORI dan setelan RYOKA, hingga celana denim yang nyaman MISAWA denim dan MARUMI denim.

Temukan koleksi Wabi Sabi terbaru dari NOA di link berikut
Dan temukan promo menarik kami di link berikut

Source : https://www.mainmain.id/r/3229/prinsip-wabi-sabi-yang-bikin-hidup-tenang

Leave a comment